Minggu, 25 Maret 2018

Filled Under:

beburuk sangka (su'uzon)



Assalamualaikum akhti dan ukhti bagaimana nih kabar nya? Semoga sehat dan dalam lindungan allah SWT aamiin.kita mau bahas apa sih? pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Berburuk sangka(su’uzon) ,apa sih itu buruk sangka? Kita lihat aja yuk dibawah ini.👇👇

Pengertian Suudzon adalah salah satu Sifat Buruk (Sifat Tercela) dengan mencari – cari kesalahan orang lain, bisa disimpulkan secara lebih sederhana bahwa Suudzon sama dengan Buruk Sangka, dan Sifat Buruk Sangka (Suudzon) ini jika terdapat didalam Hati Seorang Muslim, maka akan berdampak Buruk dan berdampak Negatif.

Bisa kalian lihat salah satu Dalil Larangan Berburuk Sangka didalam firman Allah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا
“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-car kesalahan orang lain” [Al-Hujurat : 12]

Dan juga di perjelas dalam sabda Rasulullah Saw.

إِيَّا كُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيْثِ وَلاَ تَحَسَّسُوا وَلاَ تَجَسَّسُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَتَدَابَرُوا وَلاَتَبَاغَضُوا وَكُوْنُواعِبَادَاللَّهِ إحْوَانًا
“Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari hadits no. 6064 dan Muslim hadits no. 2563)

Bahaya berburuk sangka(su’uzon)
1. Mengganggu konsentrasi dan fokus terhadap pekerjaan (aktivitas) yang dilakukan.

Jika anda hanya memikirkan dan membicarakan kejelekan orang lain, Pekerjaan yang seharusnya sudah selesai malah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membereskannya. Ditambah lagi ketika hal tersebut dilakukan di dalam hati alhasil konsentrasi berpikir terganggu dan pikiran cenderung negatif melulu. Fokus perhatianpun dapat pecah sehingga menyebabkan kecelakaan kerja akibat pikiran yang semeraut/ acak-acakan/ terganggu.

2. Pemborosan energi, waktu dan kesempatan.

Daripada menggunakan energi, waktu dan kesempatan yang anda peroleh dalam kehidupan sehari-hari lebih baik melakukan hal-hal yang positif untuk kebaikan hidup anda.
3.Melatih hati untuk iri dan dengki kepada orang lain.
Sadar atau tidak kebiasaan menilai orang lain beresiko membangun & membentuk rasa iri di dalam hati anda.  Karena kebiasaan ini berhubungan dengan membanding-bandingkan yang satu dan yang lain.

4. Sulit Untuk bahagia.
Jika perasaan buruk sangka ini terus menerus dikembangkan pada orang disekitar kita misalnya teman atau tetangga kita dapat dipastikan kita tidak akan memperoleh kebahagiaan dalam hidup ini, karena perasaan kita selalu diliputi oleh rasa dengki dan iri hati.

5. Bisa membuat sakit.
Berburuk sangka bisa membuat kita sakit secara fisik. Hal ini bukanlah sekedar kata orang tetapi telah dibuktikan secara ilmiah. Dalam studi yang dilakukan di Amerika Serikat, partisipan dalam penelitian yang hanya memfokuskan fikirannya pada masa-masa lalunya yang menyedihkan, sistem kekebalan tubuhnya melemah secara signifikan. Dari penelitian tersebut, juga terlihat adanya hubungan antara aktivitas bagian otak yang berhubungan dengan depresi, dan tentunyahal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Nah bisa kita lihat bahwa berburuk sangka itu tidak ada manfaatnya loh , maka dari itu kita harus menjauhi berburuk sangka kepada Allah ,orang tua ,orang lain ,dan mahluk mahluk Allah lainnya. Ya ,jadi begitu lah pembahasan kali ini . Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat mengamalkannya di kehidupan sehari hari .😊

1 komentar:

  1. Min ane mau nanya, ane punya temen yang pernah kehilangan hape, sebelum dia kehilangan hapenya dia sempet curiga sama orang yang gerak geriknya mencurigakan, ternyata dugaan temen saya bener dia udah maling hape temen saya, apakah curiga seperti itu diperbolehkan???

    BalasHapus

Copyright @ 2013 Rohis SMK Negeri 1 Depok (RHISAD).

Designed by MediaIslami | MEDIARHISAD