Jumat, 23 Juni 2017

Filled Under:

Makna, Hakikat dan Hikmah dari Hari Raya Idul Fitri

Assalamu'alikum Warahmatullahi Wabarakatuh...Hai akh, hai ukh, apa kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah SWT. Aamiin... Kali ini kita akan membahas tentang Makna, Hakikat  dan Hikmah dari Hari Raya Idul Fitri




Allahu akbar.........
Allahu akbar......
Allahu akbar...
Laa Ilaa ha illallahu Allahu Akbar
Allahu Akbar Walilla Ilham

Dengan takbir dan tahmid, umat Islam melepaskan bulan Ramadan dan dengan takbir dan tahmid pula menyambut 1 Syawal 1438 H.

Mudah-mudahan pelepasan bulan Ramadan dan penyambutan bulan Syawal terpenuhi makna dan arti kedua peristiwa yang terjadi dalam suasana bergembira.

"Mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa" (QS. Al-Hujurat ayat 3).


Tujuan dari puasa adalah untuk menjadikan orang-orang yang melakukannya menjadi orang-orang yang bertaqwa kepada Allah SWT. 

Sebagaimana Firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 183: 

“Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu sekalian dapat bertaqwa”.

Idul fitri adalah hari kemenangan besar yang mengembalikan manusia pada fitrahnya (kesuciannya) dimana jiwa kembali bersih karena dibasuh dengan ibadah, fitrah dan saling memaafkan serta rezeki yang kita miliki telah dicuci pula dengan zakat.

Di hari Idul Fitri, jiwa kita akan merasa tenang dan tenteram karena dosa-dosa kita kepada Allah SWT telah diampuni, berkat puasa Ramadhan yang telah kita lakukan kareana dorongan iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT. 

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: 

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadlan karena iman dan mengharapkan pahala, niscaya diampunkan baginya apa yang telah lalu dari dosanya”.



Sesudah shalat Idul Fitri nanti kita akan meminta maaf kepada keluarga, kaum kerabat dan famili, teman, tetangga dan kenalan kita dari kejahatan, kesalahan serta perbuatan dzalim yang pernah kita lakukan terhadap mereka, agar jiwa kita benar-benar terbebas dari dosa kepada Allah SWT dan kesalahan kepada sesama manusia. Dan dengan demikian kita akan dapat merasakan kebahagiaan yang sejati. 

Dalam surat Al-Imran ayat 112 Allah,SWT telah berfirman:

“Mereka itu akan ditimpa kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka itu menyambung tali hubungan baik dengan Allah SWT dan tali hubungan baik dengan sesama manusia”.

Berikut beberapa kebiasaan Rasulullah SAW dan para sahabat dalam menyambut Idul Fitri yang patut Umat Islam khususnya akhwan dan ukhti contoh, yaitu: 
  1.      Berpenampilan indah 
  2.      Bertakbir
  3.       Mandi sebelum sholat id
  4.      Makan Sebelum berangkat Sholat
  5.      Saling mengucapkan selamat pada hari raya 
Tahukah kamu apa ucapan yang baik serta dianjurkan sebagai ucapan selamat? 
 
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah ditanya tentang ucapan selamat pada hari raya maka beliau menjawab:
"Ucapan selamat pada hari raya, dimana sebagian orang mengatakan kepada yang lain jika bertemu setelah sholat Id: Taqobbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian)." Itu juga yang dilakukan para sahabat Rasulullah SAW bila bertemu pada hari raya).
Dan di jawab barrakallahu fihkum

Hikmah pertama adalah penyadaran hakikat diri sebagai hamba Allah.
 "Dan tak Kuciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah-Ku." (QS. Adz-Dzaariyat ayat 56). Itulah sesungguhnya makna sebenarnya atas tugas kita di dunia ini.

Hikmah kedua adalah menjadikan Idul Fitri sarana untuk mengeratkan kembali hubungan kita dengan Allah SWT dan manusia. Selama setahun mungkin kita telah melakukan begitu banyak kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja. 

Nah, salah satu hikmah Idul Fitri ialah menghadirkan moment saling memaafkan kesalahan yang telah kita perbuat terutama kepada kedua orang tua kita selama ini yang telah membesarkan kita, kemudian kepada keluarga terdekat kita yang mungkin saja sering kita acuhkan dan juga kepada teman-teman yang bergaul dengan kita baik di lingkungan rumah, sekolah atau di tempat yang sangat jauh.

Hikamah Terakhir, sebagai seorang hamba, hikmah Idul Fitri lainnya ialah membawa kita untuk semakin dekat kepada Allah SWT. 



Ingatkah kamu saat seorang hamba berbuat dosa maka ada Empat bukti kecintaan Allah SWT pada kita :
Pertama, rezeki kita tetap mengalir meski dosa kita bertumpuk.
Kedua, nikmat sehat yang tetap dianugerahkan-Nya.
Ketiga, Allah SWT tidak segera menyiksa hamba-Nya saat itu juga
dan keempat, Allah SWT tidak membeberkan aib atau dosa kita.

Nahh itu dia teman teman hikmah, hakikat dan makna dari hari raya idul fitri semoga amal puasa  kita di terima oleh allah SWT dan di ampunkan segala dosa dosa kita juga mendapat kan ilmu yang bermanfaat yang di praktekan kedalam kehidupan sehari hari aamiin. 
Taqobbalallahu minna wa minkum wassalamualikum warahmatullahi wabarakatuh 😊




Sumber : https://jadiberita.com › ... › Ini Makna dan Hikmah Idul Fitri


1 komentar:

Copyright @ 2013 Rohis SMK Negeri 1 Depok (RHISAD).

Designed by MediaIslami | MEDIARHISAD