Jumat, 17 Juli 2015

Filled Under:

Sunnah Idul Fitri

Bismillaahirrahmaanirrahim...




SUNNAH IDUL FITRI

Yang dilakukan saat Idul Fitri

1. Bertakbir. 
Takbir dimulai dari magrib malam takbiran sampai imam memulai shalat Iedul Fitri.

Keterangan: QS Al-Baqarah ayat 185. Sebagaimana yang dilakukan Rasulullah. Rasulullah bertakbir dalam perjalanan menuju mesjid untuk shalat Ied.

2. Mandi sebelum berangkat shalat.
Disunnahkan mandi saat akan shalat Ied. Mandinya sama dengan mandi junub namun yang membedakan niatnya. Waktu mandi yang sesuai sunah Nabi Shalallahu 'alaihi wa Sallam yaitu setelah masuk Subuh (sebelum atau sesudah shalat)

3. Memakai pakaian yang paling bagus (dan syar'i)

4. Makan dan minum sebelum berangkat shalat Iedul Fitri. Dari Anas bin Malik "Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa Sallam tidak keluar rumah pada hari raya Iedul Fitri hingga makan beberapa kurma"

5. Sunnah Nabi Shalallahu 'alaihi wa Sallam saat berangkat dan pulang menempuh jalan yang berbeda.

6. Tidak boleh berpuasa diwaktu Iedul Fitri dan Iedul Adha. HR imam Bukhari "Nabi Shalallahu 'alaihi wa Sallam melarang untuk berpuasa di dua hari raya Idul Adha dan Idul Fitri"

7. Tidak ada shalat sunah qabliyah atau shalat sunnah apapun sebelum shalat Iedul Fitri. "Bukan sunnah Nabi orang yang shalat apapun sebelum imam"

8. Disunahkan shalat Ied itu dilapangan karena Nabi Shalallahu 'alaihi wa Sallam selalu shalat Ied dilapangan. Kalau shalat Ied nya di masjid dibolehkan ada shalat tahiyatul masjid.

Selamat berhari raya ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 Rohis SMK Negeri 1 Depok (RHISAD).

Designed by MediaIslami | MEDIARHISAD